Tips kamera compact

Nikmati compact kamera Anda! Pelatihan, acara dan tips.

Apa yang perlu diperhatikan saat ingin membeli kamera digital?

Apa yang perlu diperhatikan saat ingin membeli kamera digital?
  1. Elemen yang paling kritis di dalam kamera digital adalah lensa sebab semua cahaya harus melewati lensa. Jadi pilihlah dari para pembuat kamera film tradisional, khususnya mereka yang terkenal dengan lensa optiknya.
  2. Pertimbangkan tipe media penyimpanan yang dipakai kamera digital tersebut. Kartu flash compact sampai saat ini adalah pilihan terbaik dikarenakan ketebalan dan kekerasannya. Banyak perangkat output seperti printers dan proyektor menggunakan kartu sebagai perangkat penyimpanan, jadi gambar yang disimpan dapat menjadi output langsung ke dalam perangkat perangkat ini.
Atas

Apakah jumlah piksel sepenting itu?

Kamera tradisional menggunakan film untuk merekam gambar. Tetapi untuk kamera digital, film tersebut diganti dengan chip sensor yang kecil – baik CCD (Charged coupled Device ) atau CMOS (Complementary Metal Oxide Semiconductor) – yang menyimpan gambar dalam format digital.

Sensor dari permukaan CCD atau CMOS dibagi menjadi persegi kecil yang dinamakan piksel dan setiap piksel merekam satu bagian dari sebuah gambar. Lebih banyak piksel yang dimilikinya, lebih banyak detil yang dapat direkam. Meskipun benar bahwa jumlah piksel di dalam CCD adalah cara yang sangat baik untuk mengukur detil yang dapat dimuat oleh kamera, ini tidaklah cukup.

Kualitas gambar belum tentu membaik dengan adanya sejuta piksel lainnya. Fitur lainnya seperti lensa, penyaring warna yang dipakai dalam sensor dan pengolah gambar digital juga memainkan peran yang penting dalam menentukan kualitas gambar. (Lihat gambar di bawah untuk memahami kerumitan dari kamera digital dalam analogi mata manusia)


Untuk menangkap sebuah gambar, cahaya harus terlebih dahulu melewati lensa (sebanding dengan mata manusia) yang nantinya dikumpulkan sebagai muatan elektrik oleh sensor (sebanding dengan retina manusia). Sensor, dengan sendirinya, tidak dapat melihat warna, jadi sensor tersebut memperoleh data warna melalui penyaring warna yang tersusun di atas masing-masing piksel. Data gambar yang dikumpulkan oleh sensor diubah menjadi sinyal digital, untuk dianalisa dan diproses oleh pengolah gambar (sebanding dengan otak manusia) sebelum merekam gambar tersebut ke dalam kartu memori. Setiap proses sangatlah penting dalam menentukan kualitas gambar.

Jadi jangan terperdaya oleh jumlah piksel. Periksa lensa pabrikan dan CCD.
Atas

Bagaimana caranya mengambil gambar yang berkualitas dari kamera digital?

  1. Susunlah gambar Anda dengan menggunakan LCD terlebih dahulu.

    Pertama-tama, tentukanlah subyek yang Anda tertarik untuk ditekankan. Lalu komposisikan gambar Anda menggunakan LCD. Pastikan bahwa hanya hal-hal yang Anda ingin penonton lihat sajalah yang muncul di layar LCD. Jika Anda sedang mengambil gambar dari objek yang bergerak, selalu tinggalkan ruang yang cukup di depan subyek sehingga subyek terlihat bergerak ke dalam gambar. Sekarang potretlah dan Anda akan mendapatkan ukuran gambar Anda 'terbingkai' seperti yang Anda inginkan. Jika Anda tidak senang dengan komposisi tersebut, potretlah kembali.

  2. Pastikan ada cahaya yang cukup pada latar belakangnya.

    Pastikan bahwa fungsi blitz otomatis bekerja saat menggunakan kamera snap happy. Jika Anda menggunakan kamera dengan kontrol kreatif, ada beberapa cara untuk mengatasi kondisi pencahayaan selama perekaman.
    • Anda dapat mengatur berbagai tipe blitz menurut kondisi pencahayaannya.
    • Sesuaikan pengaturan bukaan lensa /kecepatan untuk memungkinkan cahaya lebih/kurang yang masuk ke kamera.
    • Untuk perekaman malam, Anda dapat menyesuaikan pengaturan ISO mulai dari 100 sampai 400.
    • Gunakan mode kompensasi pencahayaan jika ada cahaya kuat yang datang dari arah belakang subyek.
Atas

Bagaimana caranya memastikan baterai tidak akan kehabisan tenaga pada saat yang genting?

  • Gunakan baterai lithium spesial yang bermasa hidup lebih panjang, yang ber harga dua kali lipat, tetapi bertahan tiga kali lebih panjang.
  • Gunakan, Nickel Cadmium (NiCd) yang dapat diisi ulang, atau, lebih baiknya lagi, baterai Nickel Metal Hydride (NiMH). Baterai NiMH dapat diisi hingga 500 kali lipat dan hanya membutuhkan 3 jam untuk diisi penuh.
  • Beli beberapa baterai cadangan, jadi Anda akan selalu memiliki cadangan.
  • Pertimbangkan baterai yang dapat diisi ulang, dan disambungkan yang memiliki waktu tenaga yang lebih panjang. Sebelum membeli kamera Anda, pastikan bahwa kamera tersebut memiliki koneksi yang tepat untuk Baterai tersebut.
  • Gunakan jendela bidik optik pada kamera kapanpun dimungkinkan, kecuali jika kamera Anda tidak memilikinya. Layar LCD seksi yang kecil tersebut bermanfaat saat ingin meninjau pemotretan, tetapi layar tersebut membuat Anda membayar dengan menyedot tenaga baterai yang baru dalam 20 menit atau lebih cepat. Jika Anda sedang berbelanja untuk sebuah kamera, pastikan kamera tersebut memiliki jendela bidik optik tradisional dan juga jendela bidik LCD.
  • Jika Anda memiliki pilihan, Matikan LCD kecuali saat Anda harus melihat layar dalam bentuk digital atau saat meninjau pemotretan yang sudah terekam untuk memeriksa kesuksesan Anda.
  • Biasakanlah untuk mematikan kamera diantara setiap pemotretan. Janganlah meninggalkan kamera dalam keadaan menyala kecuali jika Anda telah bersiap untuk segera memotret lagi.
Atas

Apa yang dapat Anda lakukan dengan gambar yang telah Anda ambil?

  • Simpan di dalam PC Anda
    Jajaran kamera digital terbaru datang dengan kabel USB untuk koneksi yang cepat kedalam PC. Cukup mengunduh perangkat lunak dan buat kamera digital untuk 'berbicara' ke PC. Sesaat setelah foto telah dimuat ke dalam PC Anda, ubahlah gambar tersebut dari formatnya yang asli (biasanya .tiff atau .gif) menjadi file .jpeg. Ini adalah cara yang paling umum untuk mengirim gambar karena gambar gambar ini, telah dikompresi dan dimuat lebih cepat. Setalah Koneksi, aturlah gambar digital tersebut menggunakan album yang telah digabungkan seperti ZoomBrowser untuk membantu Anda mengatur gambar Anda. Ingatlah untuk menghapus gambar gambar yang tidak Anda inginkan atau ini akan menghabiskan banyak ruang memori.

  • Kirimlah ke teman Anda melalui email
    Pastikan penerima menggunakan program e-mail (seperti Microsoft Outlook) yang memungkinkan mereka untuk melihat lampiran. Lalu scan foto 'terbaik' Anda. Batasi lampiran Anda sampai 1 atau 2 – mereka akan terunggah lebih cepat.

  • Simpan gambar di dalam album PC berbasis online
    Terdapat banyak album foto online, beberapa menawarkan ruang simpan gratis, sedangkan yang lain mengenakan biaya untuk menyewakan ruangan penyimpanan. Periksa situs situs ini:
  • Cetak gambar I
    Gambar yang disimpan dalam kartu flash compact dapat dikirim ke photolabs untuk dicetak. Namun, photolabs tidak akan memperbaiki gambar Anda untuk Anda. Pilihan terbaik adalah untuk mencetak ke dalam printer foto berkualitas . Cukup gunakan ZoomBrowser untuk mengunduh gambar ke dalam PC dan memuatkan gambar gambar tersebut ke dalam ukuran A4. Anda dapat mencetak dua 5R atau empat 3R kedalam kertas berukuran A4.

  • Cetak Gambar II
    Anda juga dapat membeli printer foto langsung. Hubungkan kamera digital Canon ke CP-10 (ukuran kartu MRT) atau CP-100 (ukuran kartu pos). Atau masukan kartu flash compact langsung ke dalam S820D untuk mencetak ukuran 4R atau A4.

  • Siapkan album dalam PDA Anda
    Bermimpi untuk membawa album Anda dalam PDA Anda. Beberapa situs ini menawarkan beberapa kemungkinan:
Atas

Bagaimana caranya memilih resolusi dan kompresi yang tepat?

Resolusi adalah pengukuran gambar dalam piksel. Karena resolusi maksimum yang tersedia dari sebuah gambar hanya akan bertambah, kamera digital menggunakan proses yang dinamakan sebagai 'Kompresi' untuk mengurangi ukuran dari sebuah gambar ke dalam ukuran yang dapat dikelola sebelum disimpan. Walaupun ini menaikkan jumlah gambar yang dapat Anda simpan pada setiap kartu memori secara dramatis, terdapat pengurangan dalam kualitas.

Menunda penggunaan gambar, tabel di bawah adalah pengarahan yang disarankan.

Penggunaan gambar Resolusi yang Disarankan Mode Kompresi yang Disarankan
Email Rendah - Medium Normal
Mencetak orang/potret Besar Halus/Sangat halus
Mencetak bangunan/pemandangan Besar Normal
Atas