Tips scanner

Tentang membeli scanner dan mendapatkan hasil terbaik

Merek scanner manakah untuk dipilih

Pilihlah merek yang menawarkan paket servis terbaik

Pilihlah merek yang telah dikenal dengan kualitasnya. Canon menyapu bersih semua penghargaan Hardwarezone.com untuk scanner di tahun 2000.
Atas

Bagaimana caranya memilih model yang tepat

  • Tentukan apakah scan kecepatan tinggi atau kualitas tinggi yang Anda perlukan di kebanyakan waktu. Jika Anda perlu kualitas tinggi, pilihlah scanner 1200 dpi. Jika keperluan scan Anda cukup dasar, scanner 300 dpi saja sudah cukup.
  • Apakah Anda seringkali perlu untuk scan film? Maka Anda butuh film adapter unit (FAU). Jika Anda tidak butuh untuk menggunakan FAU secara teratur, pilihlah scanner yang hadir dengan FAU yang dapat dilepas daripada FAU yang sudah menyatu dengan scanner.
  • Apakah Anda seringkali perlu untuk scan? Jika tidak, dapatkanlah printer dengan pilihan sheet-fedscanning atau mesin fax multifungsi yang memiliki fungsi print, fax, dan scan.
  • Apakah Anda seringkali perlu untuk scan dari buku? Jika ya, dapatkanlah scanner dengan penutup engsel ganda Z-lid yang memperbolehkan Anda untuk menaruh halaman dari buku secara rata di atas unit scanner.
  • Periksalah antarmuka manakah yang didisain untuk PC Anda. Scanner tersebut harus kompatibel dengan PC Anda.
  • Apakah Anda perlu untuk scan saat bepergian? Jika ya, pilihlah printer bubble jet portabel yang memiliki pilihan scan.
Atas

Bagaimana caranya untuk mendapatkan hasil scan terbaik

  • Pastikan kaca scan bersih dan bebas debu.
  • Pastikan dokumen terletak rata pada kaca untuk ketajaman optimal.
  • Gunakan USB kapan saja dimungkinkan untuk kecepatan scan yang lebih cepat.
  • Pastikan pengaturan scanner diatur untuk tipe gambar yang tepat (contohnya: warna atau hitam/putih).
  • Dapatkan scan yang pas pada scan pertama: Tidak ada sejumlah sihir Photoshop dapat memperbaiki hasil scan yang cacat.
  • Scan pada resolusi yang tepat untuk memaksimalkan kecepatan scan - Anda tidak perlu menggunakan kualitas penuh 1600 dpi yang tertera pada spesifikasi karena Anda akan perlu RAM yang lebih banyak dan akan membutuhkan waktu yang lebih lama saat scan. Kecepatan scan sangat tergantung pada komputer apa yang sedang Anda gunakan.
  • Dapatkanlah kalibrasi warna yang tepat: Hasil scan Akan terlihat berbeda pada layar di monitor yang berbeda-beda dikarenakan kalibrasi warna yang berbeda. Gunakan CMS (CMS dari Kodak dan ColourSync dari Apple untuk monitor) yang tepat untuk mengatasi masalah ini.
Atas

Bagaimana caranya mendapatkan scan tercepat

  • Kecepatan scan tergantung dari komputer yang sedang Anda gunakan.
  • Untuk kecepatan scan yang lebih cepat, pengguna harus selalu mencoba untuk menggunakan PC yang lebih cepat yang memiliki memory / RAM lebih besar dan sedang mengerjakan data sedikit mungkin.
  • Memilih scanner dengan kecepatan pratinjau yang cepat juga akan membantu.
  • Scan pada resolusi optimal yang berarti tergantung dari tipe hasil print yang Anda inginkan, resolusi scan akan berbeda.
  • Kecilkan area scan pada tingkat sebelum scan jadi scanner tidak perlu untuk scan seluruh dokumen.
Atas

Berapakah ukuran resolusi yang optimal

  • Jika gambar yang Anda ingin scan dimaksudkan untuk tampilan layar (seperti PowerPoint, web atau lampiran email), gambar pada ukuran 72 dpi sudah mencukupi. Ini dinamakan resolusi Layar. Dengan ukuran ini, pengunjung atau penonton situs web Anda tidak akan membutuhkan waktu lama untuk mengunduh grafik pada saat melihat presentasi Anda.
  • Untuk scan sebuah dokumen untuk kepentingan arsip, 150 dpi sudah mencukupi.
  • Untuk scan grafik bar dan kliping koran untuk laporan bisnis, 200 dpi adalah kompromi yang baik dalam ukuran dan resolusi. Tetapi jika Anda ingin mencetak dokumen tersebut dalam kualitas yang bagus, scanlah pada 300 dpi.
  • Untuk scan dan cetak gambar dan foto kualitas tinggi lakukanlah pada 600 dpi untuk memastikan data dan detil yang cukup telah tersimpan. Jika Anda berencana untuk memperbesar hasil cetak, scanlah dokumen aslinya pada resolusi yang lebih tinggi yang adalah 1200 dpi. Tetapi ingatlah bahwa resolusi yang lebih tinggi memerlukan tempat penyimpanan yang lebih besar. Jadi pastikanlah Anda memiliki ruang dan memori yang cukup pada hard disk. Dan juga, tutup semua program lainnya untuk menghindari segala kerusakan perangkat lunak. Anda mungkin juga ingin memperkecil area scan selama tingkat sebelum scan sehingga scanner tidak perlu untuk scan seluruh dokumen, mengambil ruangan yang berharga.
Atas

Apakah perbedaan dari scanner CIS dan CCD?

Dengan teknologi CIS yang inovatif dan dipatenkan dari Canon, Scanner SlimLine seri N sangatlah ramping dan compact, membuatnya cocok untuk kantor dan rumah. Penggunaan tenaga yang sangat kecil dari scanner SlimLine memungkinkan untuk model USB ditenagai hanya oleh kabel USB sendiri, mengeliminasi kebutuhan adaptor A/C yang besar yang memakan tempat di dinding soket yang lain. SlimLine seri N terbaru hadir dengan 3 tombol EZ (tm) untuk mempermudah tugas seperti beberapa scan foto dan scan ke email, menjadi pengoperasian sekali sentuh!

Scanner CCD seperti scanner seri D Canon memiliki kemampuan untuk scan subyek tiga dimensi, membuatnya nyaman untuk men-scan obyek kecil di atas scanner. Selain itu, kebanyakan scanner seri D memiliki adapter scanner film yang opsional dan terintegrasi, jadi pengguna dapat scan negatives atau film mereka secara langsung. Dengan kedua teknologi dan tingkat resolusi yang bervariasi, tingkat pengguna yang bervariasi dapat memilih model yang paling cocok untuk kebutuhan mereka. Menampilkan kedua teknologi CIS dan CCD, tersedia scanner Canon untuk semua orang!
Atas

Apakah USB 2.0 (kecepatan penuh) benar-benar USB 2.0?

  • USB 2.0 kompatibel ke depan dan ke belakang. Ini berarti bahwa produk USB 2.0 dapat bekerja di PC dengan antarmuka USB 1.1 atau 2.0. Dengan ini, produk-produk ini dapat dioperasikan dalam 3 spesifikasi berbeda.
  • USB 2.0 Kecepatan Rendah - USB beroperasi pada 1.5Mb/detik (sama dengan USB 1.1 kecepatan transmisi normal)
  • USB 2.0 Kecepatan Penuh - USB beroperasi pada 12Mb/detik (sama dengan USB 1.1 kecepatan transmisi maksimum)
  • USB 2.0 Kecepatan Tinggi - USB beroperasi pada 480Mb/detik dalam PC dengan USB 2.0. Kecepatan maksimumnya hanya 480Mb/detik, yang adalah 40x lebih cepat daripada USB 1.1. Dan kecepatan transmisi normal adalah 60Mb/detik, yang adalah 5x lebih cepat daripada USB 1.1.

Dikarenakan informasi di atas, ada pedagang yang mengubah produk USB 1.1 mereka yang akan datang dengan USB 2.0 kecepatan penuh. Pada kenyataannya, produk-produk ini sebenarnya beroperasi pada kecepatan USB 1.1 dan bukanlah kecepatan sebenarnya dari USB 2.0. Maka dari itu, Anda mungkin ingin memeriksa ulang jika produk yang Anda beli telah disertifikasi sebagai USB 2.0 kecepatan tinggi.
Atas